Makna & Elemen Penting Tumpeng Mini Bandung

Berbicara soal hidangan untuk acara syukuran dan hajatan, tumpeng mini Bandung kini sangatlah populer. Tumpeng bukan lagi dilihat sebagai sajian yang terdiri dari nasi berbentuk kerucut yang besar dengan lauk yang harus ada ayam goreng dan urap. Kehadiran tumpeng mini Bandung yakni tumpeng yang berukuran kecil membuat inovasi yang berbeda. Bisa dikatakan tumpeng mini menjadi pilihan terpopuler tak hanya di Bandung tapi juga kota-kota besar lainnya.

Arti Tumpeng

Sebelum membahas lebih banyak tentang tumpeng mini Bandung, tahukah Anda apa itu tumpeng? Tumpeng merupakan sajian yang menyimbolkan sebuah perayaan dari berbagai acara, seperti keagamnaan, adat, ulang tahun, syukuran, dll. Layaknya tradisi, tumpeng hampir selalu jadi pilihan di balik banyak perayaan orang Indonesia.

Pada awalnya, nasi tumpeng dibuat bukan untuk perayaan melainkan memuliakan gunung sebagai tempatnya para arwahg leluhur. Maka, tak heran jika bentuknya menyerupai gunung yaitu berkerucut. Kehadiran nasi tumpeng diartikan sebagai perwujudan rasa terima kasih kepada tuhan yang maha esa. Tak hanya nasi berkerucutnya sendiri, ternyata kehadiran lauk pauknya juga memiliki makna filosofis yang tak kalah berarti. Nasi tumpeng dilihat sebagai representasi hubungan antara Tuhan dan manusia, begitu juga manusia dan sesama manusia.

Jika dilihat dari etimologi, nasi tumpeng merupakan akronim dari kalimat “yen meTU kudu meMPENG” yang berarti ketika keluar harus bersungguh-sungguh semangat. Dari filosofi tersebut bisa di representasikan bahwa manusia harus menjalani kehidupan di Jalan Tujan dengan semanta, focus, yakin dan tidak mudah putus asa. Didalam prosesnya juga kita harus percaya bahwa Tuhan ada bersama kita.

Maka dari itulah nasi tumpeng berbentuk kerucut yang mempresentasikan konsep ketuhanan yang besar dan tinggi berada di puncak. Bentuk kerucut ini menyimbolkan juga harapan agar level kehidupan manusia semakin tinggi dan sejahtera. Maka tak heran kan kalau tumpeng sering dijadikan sajian special di acara syukuran.

Elemen pada Tumpeng Mini Bandung

Selain itu, ciri khas dari nasi tumpeng mini Bandung adalah beralaskan daun pisang lalu terdapat lauk pauk di sekelilingnya berjumlah 7 jenis lauk. Dalam bahasa jawa tujuh disebut dengan pitu yang artinya pertolongan.s Dari tampak nasi tumpeng ini diharapkman adanya pertolongan dari yang Maha Kuasa untuk kehidupan manusia. Bisa dillihat bukan bahwa nasi tumpeng itu sarat akan makna yang mendalam.

Jika Anda berencana memesan tumpeng mini Bandung, maka ada beberapa elemen pada tumpeng yang umum dipilih. Apa saja? Berikut ulasannya:

  • Nasi putih atau Nasi Kuning

Nasi tumpeng sebenarnya bisa dibuat dengan nasi putih atau nasi kuning. Bahkan beberapa tumpeng mini Bandung membuatnya dengan nasi uduk. Nasi putih sering dipakai karena memiliki filosofi yang berarti bersih dan halal. Namun tak ada salahnya lho menggunakan nasi kuning.

  • Ayam

Ayam goreng menjadi lauk tumpeng mini Bandung yang paling populer. Tak hanya enak, tapi juga memilki makna yang bagus. Ayam yang merupakan hewan darat, sehingga memiliki makna bahwa manusia harus tetap berpijak di bumi. Berpijak disini artinya tidak sombong walaupun berada di masa jaya. Anda bisa memilih berbagai olahan ayam di nasi tumpeng seperti ayam goreng, ayam goreng serundeng, ayam goreng lengkuas hingga ayam bakar.

  • Ikan teri atau Ikan asin

Siapa sangka dibalik kesederhanaan lauk ikan teri ternyata tersimpan makna yang juga mendalam. Ikan teri yang hidupnya bergerombol melambangkan kerukunan, sehingga manusia diharapkan hidup rukun satu sama lain. Anda bisa melengkapi nasi tumpeng mini Bandung dengan teri yang digoreng kering atau ditambah dengan kacang goreng sehingga menjadi teri kacang.

  • Telur

Selain ayam, nasi tumpeng juga memiliki telur yang diolah sedemikian rupa. Adanya telur dilauk tumpeng mengingatkan manusia untuk merencanakan tindakan yang dilakukan. Hal ini dilihat dari elemen telur, seperti kulit, kuning telur dan putih telur, maka segala sesuatunya harus direncanakan. Ada banyak sekali olahan telur untuk nasi tumpeng mini Bandung seperti telur balado, telur bacem, telur dadar iris, atau telur puyuh.

  • Sayur

Selain lauk pauk proteinnya, filosofi nasi tumpeng juga pada sayuran. Olahan sayuran untuk nasi tumpeng yang paling populer adalah urap sayur. Urapan ini terdiri dari kacang panjang. Kacang panjang memiliki makna berfikir panjang. Maka manusia harus memikirkan tindak tanduknya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Selain itu, adanya kacang panjang sebagai lauk juga diartikan diharapkan memiliki umur yang panjang. Lebih jelasnya lagi, setiap elemen urap sayur memiliki makna seperti ini:

  • Kangkung memiliki arti melindungi
  • Bayam memiliki arti ayem tentrem
  • Tauge memiliki arti tumbuh
  • Kacang panjang memiliki arti pemikiran yang jauh kedepan
  • Bawang merah memiliki arti mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang, pertimbangkan baiuk buruknya
  • Cabai merah yang diletakkan di puncak tumpeng memiliki makna simbol api yang memberikan penerangan yang bermanfaat bagi orang banyak
  • Bumbu urap (kelapa) yang berarti hidup (urip, dalam bahasa jawa) yang artinya mampu menghidupi atau menafkahi keluarga.

Selain urap, nasi tumpeng juga suka ditambahkan sayur kluwe. Pernah dengan sayur kluwe? Kluwe memiliki bentuk yang selalu timbul yang bermakna agar kehidupan manusia dimasa yang akan datang jauh lebih baik dan selalu memiliki niatan yang baik.

Diatas adalah elemen penting yang seakan wajib ada di nasi tumpeng. Namun, jika Anda ingin memberikan variasi pada lauk sebagai pendamping tumpeng mini Bandung, maka bisa dengan tambahan lauk seperti berikut ini.

  • Perkedel Kentang

Perkedel kentang juga tidak kalah populer sebagai pilihan lauk di nasi tumpeng. Ada banyak lauk yang bisa Anda pilih, namun perkedel kentang selalu menjadi pilihan banyak orang. Kelezatan perkedel kentang terasa jika teksturnya pas dan rasa lada semakin terasa.

  • Kering kentang

Banyak yang bilang kering kentang ini disebut juga kentang mustofa. Dengan irisan kecil dan renyah, kering kentang bisa menjadi pendamping di tumpeng mini Bandung. Saat makan dengan kering kentang juga menambah tekstur yang special.

  • Sambal goreng kentang

Hampir disetiap sajian nasi kotak bahkan tumpeng pasti ada sambal goreng kentang. Namun, sangat beresiko jika jasa catering tersebut tidak bisa memasak sambal goreng kentang dengan baik dan benar. Sebaiknya sambal goreng kentang digoreng agak kering sehingga lebih awet. Sering terjadi sambal goreng kentang basi karena kentang kurang kering. Hal ini bisa jadi saran bagi jasa catering nih!

  • Rempeyek Kacang

Jika semua lauk protein dan sayuran sudah cukup lengkap, maka Anda bisa tambahkan kerupuk atau rempeyek kacang. Dengan begitu, tamu Anda bisa menikmati makanan tumpeng mini Bandung dengan tambahan tekstur yang berbeda.

Jika Anda berencana mengadakan acara special dan ingin melengkapinya dengan makanan yang enak juga, maka bisa pesan di Pandan Wangi. Pandan Wangi menawarkan aneka sajian nasi box, snack, dll dengan rasa yang nikmat. Lihat lebih lanjut menu di Pandan Wangi yuk!

Website: www.pandan-wangi.com

Alamat: Jalan Cibolerang Tamansari Manglayang Regency, Bandung, Jawa Barat

No. HP (WA): 0852-2232-4599

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *